Cara Membuat Media Tanam Untuk Tanaman Hias

Cara Membuat Media Tanam Untuk Tanaman Hias

Cara Membuat Media Tanam Untuk Tanaman Hias

Cara Membuat Media Tanam Untuk Tanaman Hias

Media tanam

Themiddlenh.Org – Salah satu media tanam untuk tanaman hias adalah hydrogel. Media ini dikembangkan oleh para ahli bidang tanaman hias dan perkebunan. Hydrogel dapat menyerap air sampai 500x beratnya sendiri, sebab hydrogel adalah sejenis polymer.

Karena sifatnya yang sangat baik dalam menyerap air membuat hidrogel sering digunakan untuk media water reservoir, pupuk, parfum, campuran obat serta vitamin. Hidrogel sendiri dapat menyuplai makanan untuk tanaman yang hidup di media ini. Untuk menggunakan media ini perlu sedikit trik dalam hal penanaman, pemupukan, perawatan hingga mencegah kerusakan pada tanaman tersebut.

Media tanam hydrogel

Hydrogel mempunyai beberapa keuntungan dibandingkan dengan media tanam air atau tanah, seperti berikut :

Tanaman akan terlihat lebih indah dan cantik = terksturnya yang seperti jelly, bening, dan kristal. Anda dapat memberikan warna pada media ini sesuai selera anda. tetapi perlu diingat dalam pemberian warna jangan terlalu banyak memakai aneka warna pada satu pot. Karena bila terjadi pencampuran warna di satu pot, maka akan menjadi warna hitam. Untuk menghindari itu maka sebaiknya anda menggunakan satu jenis warna saja, namun setiap pot berbeda warnanya sehingga tanaman hias anda akan tampak lebih cantik dan indah lagi.

Hydrogel membuat bersih = jadi berbeda jika anda menggunakan media tanam seperti tanah yang dapat mengotori area sekitar taman. Hydrogel mampu membuat taman anda menjadi bersih, apalagi jika mau ditaruh di atas meja anda tidak perlu khawatir lagi karena tidak akan membuat kotor di sekitarnya. Jadi hydrogel sangat cocok jika anda menginginkan taman yang bersih.
Perawatannya mudah = tidak seperti media lain yang harus menyiram setiap hari, dengan hydrogel anda hanya perlu menyirami seminggu sekali saja. Jadi jika anda tidak punya waktu merawat tanaman, media ini sangat cocok untu digunakan.

Tanaman yang dapat ditanami hydrogel

Tanaman yang dapat ditanami hydrogel adalah tanaman yang harus tahan oleh kelembaban tinggi, tahan pencahayaan yang kurang dan tahan kadar air yang tinggi. Berikut cara membuat media tanam untuk tanaman hias, hydrogel :

• Tuangkan air ke wadah hydrogel sebanyak 1300 ml.
• Masukan hydrogel ke wadah tadi lalu aduk selama 10 detik.
• Diamkan selama 4 jam, setelah itu bilas dengan air bersih lalu tiriskan sekitar 30 menit
• Hydrogel siap untuk digunakan.

 

Sumber : https://lahan.co.id/

You Might Also Like