Daftar Aplikasi Google Mendukung Dark Mode dan Cara Mengaktifkannya

Daftar Aplikasi Google Mendukung Dark Mode dan Cara Mengaktifkannya

Daftar Aplikasi Google Mendukung Dark Mode dan Cara Mengaktifkannya

 

Daftar Aplikasi Google Mendukung Dark Mode dan Cara Mengaktifkannya
Daftar Aplikasi Google Mendukung Dark Mode dan Cara Mengaktifkannya

Tema gelap atau dark mode kini sudah banyak ditawarkan oleh developer tak terkecuali Google. Pengguna mulai beralih ke dark mode karena beberapa alasan macam menghemat baterai dan mengurangi ketegangan mata saat menatap layar ponsel.

Dua aplikasi yang sering digunakan pengguna saat ini dan sudah menerapkan tema gelap ialah WhatsApp dan Instagram. Dark mode di WhatsApp dan Instagram menawarkan pengalaman baru dengan tampilan yang lebih segar.

Keutamaan dari tema gelap adalah menghemat konsumsi baterai. Akan tetapi, benefit ini hanya bisa terwujud pada ponsel dengan panel AMOLED. Sebab, layar hanya akan menyala pada piksel non-hitam, sedangkan piksel hitam akan mati sepenuhnya.

Untuk ponsel dengan panel non-AMOLED hanya kenyamanan mata yang akan dinikmati. Ini sangat bermanfaat saat mengakses ponsel dalam kondisi cahaya remang-remang bahkan gelap sekali pun. Mata tak akan ‘kaget’ lantaran kecerahan layar otomatis berkurang karena komposisi warna pada antarmuka aplikasi didominasi oleh hitam.

Baca juga: Mode Gelap dalam Android Q: Bisakah Menghemat Baterai?

Tampilan gelap kini hampir tersedia di semua aplikasi termasuk yang dikembangkan oleh Google. Berikut beberapa aplikasi Google yang dapat diubah temanya menjadi gelap sebagaimana dikutip dari 9Top5google:

1. Google Play Store

Salah satu aplikasi utama google yang memiliki tampilan gelap resmi setelah pembaruan Android 10 adalah Google Play Store. Mode ini diluncurkan pada tanggal 2 Oktober 2019. Seperti aplikasi lainnya, dark mode di Play Store menggunakan warna abu-abu gelap dan bukan hitam pekat atau populer disebut dark AMOLED. Cara aktifkan: pilih Menu > Pengaturan> Tema.

2. Google Voice

Google Voice yang memiliki tampilan gelap adalah versi 2019.40. Mode ini juga mulai diluncurkan pada Oktober 2019 hanya beberapa hari berselang setelah Play Store disuntik dark mode. Secara default, tema gelap di Google Voice mengikuti tema sistem Android 10. Cara aktifkan: pilih Menu > Pengaturan > Tema.

3. Google Duo

Aplikasi kamera biasanya tidak mendapatkan tampilan gelap yang luas, tetapi aplikasi panggilan video Google Duo menambahkan fitur dark mode di Android. Pengguna dapat secara manual mengakses setelan mode ini melalui: Pengaturan > Pilih Tema. Secara default, ini mengikuti tema sistem pada Android 10.

Baca juga: WhatsApp Dark Mode & Ponsel Android dan iPhone yang Kompatibel

4. Perekam Google

Tampilan perekam Google bisa digelapkan melalui: Pengaturan> Pilih tema. Pengguna dapat memilih dari tema gelap atau terang. Secara default, ini mengikuti pembaharuan sistem pada Android 10 yang menawarkan tampilan tema abu-abu.

5. YouTube

Salah satu aplikasi Google yang memelopori tren tampilan gelap adalah YouTube. Layanan video terbesar di dunia ini menambahkan dark mode resmi di web dan aplikasi iOS terlebih dahulu yang kemudian diikuti dengan Android.

Tampilan gelap di YouTube meluas ke hampir setiap antarmuka aplikasi dan situs web desktop dari komentar hingga menu. Pada desktop pengguna dapat mengaktifkan fitur dengan mengklik Ikon Profil > Tema Gelap> Toggle On.

6. Google Massage

Aplikasi SMS ini adalah salah satu yang pertama dengan fitur tampilan gelap. Cara mengaktifkannya mudah yaitu dengan mengakses menu tiga titik di pojok kanan lalu ketuk Aktifkan Mode Gelap.

7. Gmail

Mulai 24 September 2019, tampilan gelap pada Gmail mulai ditawarkan untuk pengguna Android dan iOS. Di aplikasi Android ada opsi manual untuk menggantinya jika pengguna lebih suka tetap menggunakan mode terang.

Baca juga: Cara WhatsApp (WA) Dark Mode Android dan Aktifkan Tema Gelap

8. Google Assistant

Tema gelap untuk aplikasi Google dan Google Assistant lebih akan menyesuaikan pada tema sistem di Android 10 dan juga Android Pie. Namun ini juga dapat disesuaikan secara manual dalam pengaturan.

9. Google Calculator

Ingin menghitung angka tanpa melelahkan mata? Buka menu titik tiga di pojok kanan atas pada aplikasi Google Assistant lalu pilih Choose theme. Kemudian ketuk opsi mode gelap atau pilih untuk menyalakannya saat perlu menghemat baterai.

10. Google Calender

Ketuk titik tiga (menu) dan pilih Pengaturan > Umum> Tema. Pilih antara tema terang atau gelap, atau ubah berdasarkan pengaturan Penghemat Baterai.

11. Google Contacts

Aplikasi Google Contacts bisa menjadi gelap jika membuka menu dan pilih Pengaturan. Ketuk Pilih Tema lalu pilih mode default, mode gelap, atau berdasarkan oleh status baterai perangkat.

12. Google Drive

Aktifkan mode gelap di Google Drive dengan membuka menu dan memilih Pengaturan. Ketuk Pilih Tema, lalu pilih mode default, mode gelap, atau sesuai status baterai perangkat.

13. Google Keep

Aplikasi pencatat Google ini juga menawarkan dark mode yang bisa diaktifkan di menu pengaturan. Akses setelan itu menyalakannya dan nikmati skema warna baru.

14. Google News

Mengutip PCMAG, aplikasi Google News dapat diatur ke mode gelap dengan mengetuk menu profil dan masuk ke Pengaturan. Dari sana, pilih Tema Gelap. Namun, artikel akan tetap menampilkan warna seturut antarmuka masing-masing situs web alias tak secara otomatis menjadi gelap.

Sumber:

https://carbomark.org/brave-tale-apk/

You Might Also Like