Definisi Periklanan

Definisi Periklanan

Table of Contents

Definisi Periklanan

Definisi Periklanan
Definisi Periklanan

Institut Praktisi Periklanan Inggris mendefinisikan istilah periklanan sebagai berikut :
“Periklanan merupakan pesan-pesan penjualan yang paling persuasif yang diarahkan kepada para calon pembeli yang paling potensial atas produk barang atau jasa tertentu dengan biaya yang semurah-murahnya.”`

Definisi lain mengatakan bahwa periklanan merupakan penyebaran informasi tentang suatu gagasan, barang atau jasa, untuk ‘membujuk’ orang agar berfikir, bersikap atau bertindak sesuai dengan keinginan pengiklan.

Dari batasan-batasan di atas, secara global periklanan
mempunyai pengertian sebagai berikut :
1.    Penyebaran Informasi
2.    Penawaran gagasan, barang atau jasa
3.    Persuasi agar sesuai dengan pengiklan
4.    Non personal
5.    Sponsor yang jelas

BIAYA KEGIATAN PERIKLANAN

SATU
“Pada dasarnya biaya iklan itu nantinya akan dibayar oleh para konsumen melalu harga produk yang mereka tanggung, sama halnya  dengan biaya-biaya dalam pengadaan produk mulai dari biaya-biaya  riset dan penelitian, pembelian bahan baku, serta proses pengolahan/manufaktur dan distribusi.”

DUA
Biaya periklanan semahal apapun, akan dapat dibenarkan atas dasar dua hal;

–  Sebesar apapun biaya iklan tidak menjadi masalah selama hal itu memungkinkan para konsumen dapat memuaskan keinginan atau kebutuhannya dengan produk yang diiklankan (apalagi jika produk itu memiliki cukup banyak saingan).
–  Semahal apapun biaya-biaya iklan masih bisa diterima, selama hal itu memungkinkan pihak produsen atau pemasok memetik keuntungan.

TIGA
Secara umum, harga-harga produk justru akan lebih murah dengan adanya iklan.
Sebaliknya, tanpa iklan, harga produk justru akan lebih mahal. Karena seandainya kegiatan iklan dihentikan, maka permintaan atas produk  tadi dengan sendirinya akan turun, dan biaya produksi pun akan meningkat sehingga pada akhirnya harga produk justru akan mahal
(karena perusahaan/produsen akan mengejar keuntungan yang sama dari produk-produk yang jumlahnya lebih sedikit)

Sumber : https://abovethefraymag.com/

You Might Also Like