Fokus Tingkatkan Sumber Belajar

Fokus Tingkatkan Sumber Belajar

Fokus Tingkatkan Sumber Belajar

Kepala SDN Pa­pandayan Kota Bogor, Hamzen, terus berupaya memacu agar

tenaga pendi­dik atau guru-gurunya dapat berkembang dan memiliki kemampuan internal maupun eksternal, dalam mengorga­nisasikan lingkungan belajar yang pro­duktif. Hal itu diupayakan dengan tu­juan agar antara guru dan siswa dapat memberikan kontribusi yang berharga dalam membangun lingkungan pem­belajaran yang kondusif. “Jadi, perlu adanya rekayasa pembelajaran dengan penyediaan sumber-sumber belajar,” kata Hamzen, kepada Metropolitan, kemarin.

Menurutnya, memang guru bukanlah satu-satunya sumber belajar. Mereka hanya salah satu bagian dari sumber belajar. Untuk itu, semua sumber belajar di sekolahnya akan dirancang agar da­pat mendorong prakarsa dan proses belajar menjadi lebih efektif, efisien dan menarik agar peserta didik tetap betah untuk terus belajar.

Hamzen menuturkan, penataan atau pengorganisasian kelas merupakan hal

utama dalam menunjang terciptanya lingkungan belajar yang kondusif. Ma­ka, untuk mengejar hal tersebut, para guru diminta dapat memiliki dua peng­etahuan yang patut dipahami agar pembelajarannya efektif dan efisien. Yaitu, subject matter knowledge dan action-system knowledge.

”Kalau subject matter knowledge mencakup informasi spesifik yang di­butuhkan

untuk menyajikan isi pelaja­ran. Kalau action-system knowledge menyangkut pengetahuan siapa dan bagaimana anak belajar dan berkembang, bagaimana kelas dikelola, bagaimana informasi atau konsep diterangkan dan bagaimana tugas-tugas secara efektif diberikan kepada siswa,” tutupnya.

 

Sumber :

https://rollingstone.co.id/

You Might Also Like