Karakter dan Sikap Mental Wirausaha Sukses Kreativitas

Karakter dan Sikap Mental Wirausaha Sukses Kreativitas

Karakter dan Sikap Mental Wirausaha Sukses Kreativitas

Karakter dan Sikap Mental Wirausaha Sukses Kreativitas

Sikap yang harus ada dalam jiwa seorang wirausahawan adalah kreativitas, inovatif, dan percaya diri. Ciri-ciri wirausahawan adalah:

Percaya Diri (self convidence)

Kepercayaan diri adalah sikap yang harus dimiliki wirausahawan. Sikap percaya diri dimiliki jika seseorang mengenali keunggulan maupun kelemahan dirinya. Pengetahuan dan keterampilan yang dikuasai dapat menambah kepercayaan diri seseorang. Seorang wirausahawan agar memiliki kepercayaan diri yang tinggi, harus mengenali dirinya serta memiliki pengetahuan dan keterampilan.

Pengalaman dalam berusaha, mengalami keberhasilan dan mengatasi kegagalan juga dapat menambah kepercayaan diri seseorang. Kepercayaan diri akan mempengaruhi gagasan, karsa, inisiatif, kreativitas, keberanian, ketekunan, semnagat kerja, kegaurahan berkarya.

  • Berorientasi tugas dan hasil

Seseorang yang berorientasi pada tugas dan hasil artinya selalu mengutamakan tugas atau pekerjaan untuk memperoleh hasil yang baik. Kerja dilakukan dengan tekun dan sungguh-sungguh dengan semangat pantang menyerah, sehingga hasil yang dicapai memiliki kualitas/mutu yang baik.

  •  Keberanian mengambil resiko

Usaha keratif dan inovatif adalah membuat sesuatu yang belum ada sebelumnya, untuk itu membutuhkan keberanian untuk mengambil resiko. Keberanian mengambil resiko harus dilengkapi dengan kemampuan mempertimbangkan dan membuat rencana-rencana untuk mengatasi setiap resiko yang akan dihadapi.

  •  Kepemimpinan 

Seorang harus mempunyai sifat kepemimpinan dan keteladanan/ Wira usaha harus mengatur pengadaan bahan baku, pengolahan, pengemasan hingga pemasaran, distribusi dan penjualan. Seluruh proses tesebut dapat melibatkan orang lain, sehingga seorang wirausahawan harus mampu memimpin, mengatur dan memberi contoh keteladanan untuk orang-orang yang bekerja bersamanya.

  • Berorientasi ke masa depan

Wirausahawan harus memiliki pandangan dan pemikiran ke masa depan. Artinya memiliki kemampuan mengenali peluang serta kondisi yang akan muncul di masa depan. orientasi ke depan akan menjadi dasar munculnya ide kreatif dan inovatif, membuat sesuatu yang baru dan berbeda dari yang sudah ada sekarang.

Kreatif

Proses kreatif dan inovatif tersebut bisanya diawali dengan munculnya ide-ide dan pemikiran untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda. Baik ide, pemikiran, maupun tindakan kreatif tidak lain untuk memciptakan sesuatu yang baru dan berbeda. Sesuatu yang baru dan berbeda merupakan nnilai tambah barang dan jasa yang menjadi sumber keunggulan untuk dijadikan peluang.

Inovatif

Wirausahawan yang inovatif adalah orang yang memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Tidak pernah puas dengan cara-cara yang dilakukan saat ini, meskipun cara tersebut cukup baik.
  2. Selalu menuangkan imajinasi dalam pekerjaannya
  3. Selalu ingin tanpil berbeda atau selalu memenfaatkan perbedaan

Syarat untuk menjadi wirausahawan yang berhasil adalah :

  1. Memiliki sikap mental yang positif
  2. Memiliki keahlian di bbidangnya
  3. Mempunyai daya pikir yang kreatif
  4. Rajin mencoba hal-hal yang baru (inovatif)
  5. Memiliki semangat juang yang tinggi (motivasi) dan komitmen yang tinggi
  6. Mampu mengantisipasi berbagai resiko dan persaingan

Sumber : https://mayleneandthesonsofdisaster.us/

You Might Also Like