KIAT MENINGKATKAN KUALITAS BELAJAR BAGI

KIAT MENINGKATKAN KUALITAS BELAJAR BAGI

KIAT MENINGKATKAN KUALITAS BELAJAR BAGI

 Meningkatkan produktivitas dan motivasi untuk belajar dikalangan mahasiswa seperti kita biasanya tidak cukup mudah, hal ini sering saya alami . perasaan malas dan bosan biasanya mengganggu kita ,rasanya ingin kita cabut dari mata kuliah yang kita ikuti. Apalagi ditambah banyaknya tugas – tugas yang menumpuk dari dosen  yang setiap minggu harus kita hadapi , entah itu tugas kelompok ataupun tugas individual / mandiri.

Kadang – kadang kita berfikir apakah kita salah jurusan yang kita ambil saat ini , hal ini berbanding terbalik dengan apa yang kita inginkan sebelumnya , maklum saya mahasiswa jurusan Akuntansi yang tiap kali harus berhadapan dengan tugas dan soal – soal yang berhubungan dengan hitung – menghitung,  Dan akhirnya nilai IPK kita tidak seperti yang kita inginkan.

Hal ini perlu kita pertanyakan

mengapa saya menjadi malas – malasan seperti ini ?

Mungkin banyak faktor yang kita alami dan membuat kita menjadi malas untuk belajar, harus kita ketahui apakah faktor – faktor itu:

  • bosan dengan rutinitas kuliah yang mengharuskan kita untuk aktif dalam semua hal
  • tertinggal  bahan materi kuliah yang sangat banyak
  • karena lingkungan di sekitar kita seperti teman
  • belum begitu mengerti dengan materi kuliah tersebut
  • kurangnya disiplin waktu
  • kurangnya spirit dan motivasi tambahan dan lain lain.

Nah, bagaimana sekarang menghadapi factor factor

tersebut dengan baik dan apa solusi untuk permasalahan yang kita bilang sangat rumit?

Pertama – tama kita harus bercemin flashback pada diri kita mengapa kita memilih jurusan itu dan apa tujuan kita apabila kita lulus nanti bisa dengan kata lain keinginan kita kelak

Jalani semua dengan rasa penuh ikhlas dan senag hati apabila kita menjalani dengan separuh hati menjadikan kita tidak merasa nyaman, selalu ucapkan dalam hati bahwa tujuan kuliah bagi kita sebelum berangkat menuju kampus, hal itu dapat membuat kita lebih mantap dan selalu ingat dengan tujuan awal kita kuliah.

Perhatikan dengan seksama dan pahamilah waktu dosen menjelaskan materi kuliah , apabila ada satu hal yang kita tidak mengerti bertanyalah pada dosen tersebut dan minta agar sekali lagi diulang penjelasan tersebut. Buat catatan kecil untuk tugas tugas kuliah dan catat tanggal akhir dikumpulkan , catatan itu berguna untuk mengingatkan kita ,

Gunakan cara belajar yang efektif

Jangan belajar pada waktu akan UTS atau UAS , belajar itu jangan terlalu lama hanya perlu baca memahami materi dan mengerjakan latihan soal soal kira kira satu setengah jam perhari sangatlah cukup bagi kita , dan gunakn cara belajar yang menyenangkan misal dengan mendengarkan music  atau mengunakan ringkasan bagan bagan dalam materi yang penting dan perlu dihafalkan.

Memilih teman dalam pergaulan kita, Bukanya kita menjadi orang yang pilih pilih dalam pertemanan akan tetapi seringlah anda berbicang –  bicang dengan teman yang menurut anda cukup rajin dalam hal kuliah hanya untuk bertukar pendapat , sharing , atau bertanya tentang materi yang anda kurang pahami dan kuasai hal ini bisa meningkatkan pemahaman anda tentang materi.

Sempatkan waktu satu hari dalam seminggu untuk refreshing diri anda agar tidak membuat anda penat akan padatnya rutinitas dalam seminggu itu dengan berjalan – jalan di tempat yang anda sukai atau menuangkan hobi anda.

Satu hal lagi Jangan lupa dengan Ibadah , bagi Muslim jangan lupa Sholat karena dengan kita beribadah membuat perasaan hati dan pikiran kita menjadi lebih rileks dan tenang  dan selalu merasa dekat dengan Tuhan  Yang Maha Esa , sebab kita dapat mensyukuri nikmat hidup yang diberikan – NYA, hal itu yang membuat kita lebih merasa tentram didalam hati kita.

Semoga kiat – kiat diatas dapat membantu anda untuk meningkatkan semangat belajar anda.

Sumber : https://solopellico3p.com/

You Might Also Like