Melestarikan Bukti Penodaan Internet dan Cara Melawan Serangan Online Jahat

Melestarikan Bukti Penodaan Internet dan Cara Melawan Serangan Online Jahat

Melestarikan Bukti Penodaan Internet dan Cara Melawan Serangan Online Jahat

Melestarikan bukti penodaan internet sangat membantu orang-orang yang mendapatkan pernyataan maupun serangan online yang berpotensi memfitnah. Pencemaran nama baik di internet membawa konsekuensi bagi individu serta bisnis.

Korban pencemaran nama baik di internet bahkan dapat mengalami depresi atau

efek mental dan emosional lainnya. Bisnis juga menghadapi risiko penurunan laba, publisitas negatif dan penurunan reputasi. Tindakan tegas perlu diupayakan untuk menangani adanya pencemaran nama baik yang mungkin terjadi.
Selalu Mempertahankan Upaya Melestarikan Bukti Penodaan Internet

Menjaga seluruh bukti sangat penting untuk dilakukan ketika menghadapi fitnah internet ataupun serangan online. Langkah awal yang dapat dilakukan adalah menyimpan salinannya terlebih dahulu.

Salinan ini akan menjadi bukti bahwa tindakan kurang menyenangkan yang anda dapatkan adalah benar adanya. Hal ini dilakukan sebelum melakukan upaya yang lainnya dalam menghapus konten.
Alat yang Digunakan Menyimpan Bukti Online Secara Gratis

Mengambil tangkapan layar halaman web atau pos tertentu merupakan opsi

gratis yang dapat dilakukan. Alat yang dapat digunakan adalah Snipping, yaitu utilitas tangkapan layar pada Microsoft Windows yang disertakan dalam Windows Vista serta yang lebih baru.

Bisa juga cukup dengan menekan tombol ctrl + print screen atau prt sc di PC Windows. Selain itu, dapat pula melakukannya di Mac.

Pilihan ini memungkinkannya mengambil gambar secara lengkap dari kiriman

atau konten yang dipertanyakan beserta komentarnya. Setelah itu, disimpan pada halaman dokumen Word ataupun PDF.

Dalam melestarikan bukti penodaan internet, pastikan seluruh tangkapan layar menyertakan tanggal serta waktu aktual yang dicap. Tidak sulit dilakukan, gambar yang dihasilkan komputer mempunyai informasi dalam metadata file.

 

Baca Juga :

You Might Also Like