Mengapa beberapa situs paling jelek di Web juga paling populer?

Mengapa beberapa situs paling jelek di Web juga paling populer

Mengapa beberapa situs paling jelek di Web juga paling populer?

 

Mengapa beberapa situs paling jelek di Web juga paling populer
Mengapa beberapa situs paling jelek di Web juga paling populer
Jika Anda berada di Web dalam dekade terakhir, Anda kemungkinan akan mengunjungi Reddit , Craigslist , Wikipedia , 4Chan , Hacker News , atau The Drudge Report di beberapa titik. Meskipun semua situs ini sangat berbeda, mereka memiliki dua kesamaan: mereka semua sangat populer di kalangan audiens mereka dan mereka semua terlihat, well, mengerikan.
Teknologi web telah berkembang sejauh ini dalam beberapa tahun terakhir dan desainer sekarang memiliki beragam alat dan teknik yang dapat digunakan. Namun situs-situs ini menampilkan tata letak yang tidak menarik yang tidak memiliki koneksi dengan filosofi desain modern yang terlihat di Web saat ini.
Desain Craigslist saat ini kurang, untuk sedikitnya
Desain Craigslist saat ini kurang, untuk sedikitnya
Konferensi TNW Couch
Bergabunglah dengan lokakarya online & diskusi real-time tentang navigasi tahun depan
DAFTAR SEKARANG
Mengapa beberapa situs ini terlihat seperti dibangun pada tahun 90-an? Di mana tata letak bersih, font yang dipilih dengan hati-hati, dan warna pelengkap?
Sebagai catatan, The Drudge Report dan Craigslist memang berusia lebih dari 20 tahun – keduanya diluncurkan pada 1995. Wikipedia baru menginjak 15 bulan lalu. Reddit sekarang telah ada selama 10 tahun, sementara papan gambar 4chan akan menyala 13.
Masalahnya adalah, tidak selalu mudah untuk mengatakan sekilas apakah sebuah situs dirancang dengan baik atau tidak. Anda mungkin dapat dengan cepat memutuskan apakah itu terlihat bagus, tetapi ada lebih banyak untuk desain yang bagus daripada hanya menciptakan tata letak yang estetis. Anda juga harus mempertimbangkan seberapa bermanfaat sebuah situs dan jika itu membantu pengunjung menemukan apa yang mereka cari atau menyelesaikan tugas yang mereka miliki.
Untuk memahami ini dengan lebih baik, saya berbicara dengan Amit Das, salah satu pendiri dan kepala visualisasi data di Intelligent Interfaces . Menurut Das:
Pasti ada celah besar dalam hal desain yang kita lihat di situs-situs seperti [Reddit, 4chan, dll]. Kesenjangan muncul dari ekspektasi bahwa konsumen memiliki konten dari aplikasi dan situs konten yang dibuat pengguna dan agregat hari ini dari orang-orang seperti Medium, Facebook dan Twitter versus lebih banyak platform konten berbasis iklan seperti Craigslist atau forum seperti Hacker News.
Tapi mari kita lihat keadaan situs-situs yang disebutkan di atas: mereka sudah ada sejak lama sekarang dan pada awalnya tidak dibangun untuk memenuhi harapan konsumen pada 2016. Sebagai organisasi, prioritas mereka sedikit condong ke arah penanganan volume lalu lintas yang dipenuhi oleh platform ini. Reddit, misalnya adalah situs web ke-32 yang paling banyak dikunjungi di dunia sedangkan peringkat Medium berada di suatu tempat di tahun 400-an.
Anda selalu dapat mengharapkan saingan baru dengan potongan desain yang lebih baik untuk muncul dan menantang situs-situs yang lebih tua ini – pertimbangkan Trulia mengambil Craigslist di ruang real estat. Tetapi orang perlu memahami bahwa sejumlah besar lalu lintas untuk transaksi properti berasal dari pencarian organik dan tiba di Craigslist. Dan ini hanya sebagian kecil dari luasnya iklan baris Craigslist di seluruh dunia.
Apa yang dimaksud dengan desain yang buruk?
Beberapa masalah paling umum dengan situs yang sulit digunakan adalah:
Buruk keterbacaan: berbagai font dan warna yang berbenturan dapat membuat situs sulit dibaca, terutama ketika fitur posting panjang
Navigasi yang membingungkan: jika pengguna tidak tahu cara menemukan apa yang mereka cari di situs Anda, atau tidak tahu ke mana tautan akan membawa mereka , mereka tidak akan bertahan lama.
Kinerja lambat: jika Anda menggunakan banyak skrip, gambar, dan animasi, situs Anda akan butuh waktu untuk memuat dan merobohkan perangkat pengguna Anda.
Jika Anda melihat kesalahan yang tercantum di atas, situs-situs yang telah kami sorot sebenarnya memiliki tarif desain yang cukup baik.
Wikipedia tidak mengerikan, tetapi bisa ditingkatkan secara drastis
Wikipedia tidak mengerikan, tetapi bisa ditingkatkan secara drastis
Wikipedia mungkin tampak sibuk dan ketinggalan zaman, tetapi informasinya jelas dapat dibaca. Reddit mungkin tidak langsung mudah digunakan untuk pemula, tetapi sangat ringan dan memuat dengan cepat pada sebagian besar koneksi.
Tidak, sungguh, seperti inilah Laporan Drudge di tahun 2016
Tidak, sungguh, seperti inilah Laporan Drudge di tahun 2016
Pada tahun 2008, salah satu pendiri Basecamp, Jason Fried menulis tentang bagaimana desain The Drudge Report sangat sukses , dan ia membuat sejumlah poin bagus yang berlaku bahkan hingga hari ini: desainnya tidak lekang oleh waktu, mudah dipelihara, dan kompatibel dengan segalanya. Plus, ini benar-benar unik.
Ini penting untuk dipertimbangkan, karena membuat desain yang solid membutuhkan waktu, iterasi, umpan balik, dan implementasi yang cermat. Ini bukan sesuatu yang bisa Anda ubah setiap hari, terutama jika Anda melayani sejumlah besar pelanggan yang terbiasa dengan tampilan dan fungsi situs.
Tata letak Hacker News diilhami oleh utilitas UNIX Top
Tata letak Hacker News diilhami oleh utilitas UNIX Top
Daniel Gackle, yang menjalankan Y Combinator’s Hacker News (HN), menjelaskan bahwa ada alasan mengapa agregator tautan berbasis suara untuk pengembang dan pengusaha memiliki fitur antarmuka yang jarang:
HN menekankan konten di atas segalanya. UI yang mewah akan mengalihkan perhatian dari itu. Teks abadi. Kepadatan informasi HN dikalibrasi dengan hati-hati: akan sulit untuk diperas lebih banyak, dan lebih sedikit akan terasa terlalu ringan.
Desain minimal HN baik untuk keingintahuan intelektual, semangat penuntun situs. Baik bagi pembaca untuk sedikit bekerja dan memutuskan sendiri apa yang menarik.
Satu hal yang menyenangkan tentang desain berbasis teks adalah bahwa halamannya kecil dan memuat dengan cepat. Pengguna kami sangat peduli akan hal itu, dan kami sangat peduli akan hal itu.
Ada keuntungan komunitas untuk terlihat ‘klasik’ daripada ‘modern’ juga: ini menarik orang-orang yang paling peduli tentang substansi situs, dibandingkan mencari hal-hal baru terbaru.
Terkadang, kejelekan sulit dihindari
Menulis tentang mengapa situs-situs Cina terlihat sangat sibuk, Jeff Rajeck dari Econsultancy menunjukkan bahwa tidak ada huruf kapital atau spasi dalam bahasa Mandarin, jadi sulit bagi mereka yang tidak terbiasa dengan bahasa untuk menguraikan apa yang seharusnya Anda lihat. Tidak heran situs mereka terlihat kacau dengan mata yang tidak terlatih.
Halaman beranda QQ pada hari-hari biasa dapat terlihat lebih sibuk daripada kebanyakan situs
Halaman beranda QQ pada hari-hari biasa dapat terlihat lebih sibuk daripada kebanyakan situs
Plus, bahasa Mandarin Mandarin bisa sulit diketik dan koneksi internet rata-rata agak lambat. Itulah sebabnya beberapa situs mengisi halaman dengan tautan untuk mengurangi jumlah halaman yang harus dilalui pengguna untuk menemukan apa yang mereka butuhkan.
Dalam kasus Reddit dan The Drudge Report, gagasan mengisi halaman dengan tautan tampaknya merupakan kejahatan yang perlu. Di satu sisi, ini tidak membuat situs yang cantik, tetapi di sisi lain, ini memungkinkan Anda memindai sekilas banyak konten dengan cepat, memaksimalkan nilai waktu yang dihabiskan selama kunjungan Anda.
Namun, mengoptimalkan situs untuk hanya menyoroti konten dalam desain mereka dapat mengintimidasi pengunjung pertama kali yang tidak dapat menemukan cara terbaik untuk memanfaatkan sumber informasi mereka yang baru ditemukan. Gackle menjelaskan:
Kelemahan dari desain HN adalah bahwa itu bisa agak samar bagi pendatang baru. Pada hari-hari awal, itu menyenangkan, seperti puzzle untuk dipecahkan. Tetapi hal-hal tidak tetap seperti itu, dan karena situs semakin besar kualitas ini telah membawa risiko kepicikan bahwa saya ingin melakukan sesuatu untuk mengatasi. Membuat desain lebih rumit tidak membuat segalanya lebih jelas, jadi kami tidak akan melakukannya.
Apakah perubahan selalu merupakan hal yang baik?
Dalam meratapi kesalahan dalam desain situs favorit kami, sering kali sepertinya satu-satunya cara untuk memperbaikinya adalah dengan mengubah secara menyeluruh. Tetapi perlu dicatat bahwa desain ulang dapat membuat frustasi dan mengasingkan pengguna. Ingat bagaimana lalu lintas Digg memangkas hingga 34 persen ketika mendapat tampilan baru?
Das menjelaskan mengapa ini tidak selalu menjadi solusi ideal:
Ketika mempertimbangkan situs dengan volume lalu lintas yang besar, satu perubahan desain kecil dapat mengakibatkan dampak yang sangat besar – yang pasti harus dimasukkan oleh perusahaan. Faktanya, Reddit mulai menguji desain baru baru-baru ini. Itu indikasi yang jelas bahwa tim di belakangnya menyadari pentingnya pertumbuhan desain adaptif.
Banyak yang berpendapat bahwa Reddit merombak seluruhnya desainnya, tetapi idealnya Reddit harus mengambil satu langkah kecil pada satu waktu dan mengubah komponen satu per satu sehingga tidak mempengaruhi metrik transaksional apa pun.
Tentu saja, kedua jalan itu bisa menuju kesuksesan. Das menunjuk ke DeviantArt , salah satu komunitas desain dan seni terbesar di dunia, yang merombak situsnya setelah beberapa tahun beroperasi, bersama dengan branding baru. Tetapi DNA inti produk tetap sama. Itu masih perlahan-lahan mengubah templat halaman internal satu elemen pada satu waktu dan tidak terburu-buru, dan hasil yang berkembang semua lebih baik untuk pendekatan ini.
Di sisi lain, katanya, pertimbangkan Amazon, yang terus menyesuaikan desainnya sedikit demi sedikit. “Perubahannya sangat kecil sehingga Anda akan mudah melewatkannya meskipun Anda mengunjungi situs tersebut setiap hari. Tapi lihat kembali tata letaknya dari setahun yang lalu, dan Anda akan menyadari bahwa itu berubah cukup signifikan, ”kata Das.
Gackle mengatakan ini adalah bagaimana tampilan Hacker News berevolusi juga:

Kami lebih suka pendekatan katak mendidih — mengubah hal-hal kecil — daripada

percikan besar. Seperti semua pengguna, kami juga benci perubahan. Kami sebenarnya telah mengubah banyak hal dalam dua tahun terakhir, tetapi hanya dengan cara yang sesuai dengan apa yang sudah ada di sana, dan kadang-kadang dengan hampir tidak ada perbedaan yang terlihat. Sangat menyenangkan untuk mengetahui cara menambahkan fungsionalitas baru dengan cara itu – seperti ketika seorang programmer mencari cara untuk menggeneralisasi desain tanpa membuat kode lebih besar.
Perubahan favorit saya adalah ketika kami menemukan sesuatu yang tidak perlu dan mengeluarkannya. [Pendiri Y Combinator dan Hacker News] Paul Graham sangat minimalis sehingga setiap kali kami menemukan sesuatu untuk dihapus terasa seperti kemenangan (belum ada banyak kemenangan seperti itu.).
Kami juga terkadang menambahkan hal-hal dan kemudian menghapusnya ketika ternyata tidak berguna. Memiliki kebebasan tidak hanya untuk menambah fitur baru, tetapi juga untuk menyederhanakan situs kembali, terasa penting untuk mengembangkan HN dengan cara yang baik.
Satu hal yang tidak akan kami lakukan adalah mengejar mode desain. Itu banyak pekerjaan, dan usahanya lebih baik dihabiskan pada cara-cara untuk meningkatkan kualitas konten di HN, yang merupakan tujuan pengguna kami.
Redesign Hila Peleg’s Hacker News menampilkan meter visual yang menunjukkan popularitas posting
Kredit: Hila Peleg
Redesign Hila Peleg’s Hacker News menampilkan meter visual yang menunjukkan popularitas posting
Seperti situs populer lainnya, banyak penggemar HN telah meminta pembenahan dan bahkan mengirimkan ide mereka sendiri untuk dipertimbangkan . Bagi mereka, Gackle merespons:

Karena HN terlihat kuno, orang terkadang mengusulkan desain ulang. Beberapa di

antaranya telah berubah menjadi aplikasi dan situs web yang berfungsi yang menawarkan fitur yang tidak dimiliki HN. Banyak dari mereka yang luar biasa, tetapi mereka biasanya memiliki tujuan yang berbeda dari HN. Misalnya, mereka menambah warna atau grafik, atau mereka menjatuhkan kepadatan informasi.
Saya tidak berpikir saya telah melihat desain ulang yang melayani tujuan HN lebih baik daripada yang [HN pendiri] datang dengan Graham. Struktur dasarnya tampak optimal untuk apa yang HN pedulikan. Tetapi mungkin seseorang dalam komunitas HN yang luar biasa kreatif akan membuktikan itu salah, dan itu akan menarik.

Apa situs ‘jelek’ favorit Anda? Beri tahu kami di komentar.

Baca selanjutnya:  Melampaui tren desain: Teknik antarmuka pengguna yang abadi
TNW awalnya menerbitkan karya ini pada Februari 2016. Kami terkadang memperbarui dan / atau menerbitkan kembali artikel dari arsip kami yang menyenangkan, informatif, atau sangat relevan … seperti ini.
Baca Juga:

You Might Also Like