Mengulik Merek-Merek Smartphone Yang Kini Nyaris Tak Terdengar

Mengulik Merek-Merek Smartphone Yang Kini Nyaris Tak Terdengar

Mengulik Merek-Merek Smartphone Yang Kini Nyaris Tak Terdengar

Menurut catatan IDC, China, India dan Indonesia merupakan tiga negara dengan permintaan smartphone terbesar di dunia. Tahun lalu, penjualan smartphone di China dan India, masing-masing mencapai 396 juta unit dan 142,3 juta unit. Sedangkan Indonesia, tak kurang dari 40 -50 juta unit smartphone terjual setiap tahunnya.

Sebagai pasar smartphone terbesar keempat di dunia, jelas Indonesia menjadi

rebutan banyak vendor smartphone. Apalagi di era digital, kebutuhan akan smartphone akan terus membesar.

Pelan namun pasti, masyarakat akan beralih dari feature phone, sejalan dengan jaringan broadband yang meluas ke seluruh wilayah Indonesia, dan kebutuhan akan layanan data yang terus meningkat.

Alhasil, dalam beberapa tahun terakhir, pasar smartphone semakin dinamis. Berbagai merek terus hadir. Mereka mencoba peruntungan, sambil berharap menjadi pilihan konsumen.

Suka tak suka, vendor dari dataran China, Taiwan dan Hong Kong semakin

menguasai pasar Indonesia. Pemain-pemain seperti Oppo, Huawei, Asus, Vivo, Xiaomi, Infinix dan lainnya telah menancapkan diri dan terus berupaya memperkokoh posisi.

Merek dengan fanatisme kuat seperti Samsung dan iPhone mencoba bertahan. Merek lokal seperti Advan dan Evercoss tetap bergerilya mencuri pasar. Di sisi lain, merek-merek lama juga mencoba bangkit, seperti yang dilakukan oleh Nokia, Blackberry, Alactel dan Philips.

Beberapa sub brand juga hadir menambah intensitas persaingan di sepanjang

tahun lalu. Seperti halnya brand utama, fighting brand ini mencoba merangsek ke papan atas. Sebut saja Honor (Huawei), Realme (Oppo), dan Pocophone (Xiaomi).

Mereka menggoda pasar lewat produk yang inovatif, teknologi terkini, serta harga yang kompetitif. Beberapa brand bahkan menggunakan brand ambassador untuk meningkatkan ekuitas merek secara instan. Meski harus mengeluarkan budget pemasaran yang tak sedikit.

 

Baca Juga :

You Might Also Like