PENTINGNYA ETIKA PROFESI DALAM KEHIDUPAN SEHARI – HARI

PENTINGNYA ETIKA PROFESI DALAM KEHIDUPAN SEHARI – HARI

PENTINGNYA ETIKA PROFESI DALAM KEHIDUPAN SEHARI – HARI

 

Etika menurut saya sangat penting dalam kehidupan sehari-hari

karena etika mengatur bagaimana manusia dalam bersikap, bersosialisasi serta bergaul dengan masyarakat lain baik di lingkungan terkecil (seperti keluarga) ataupun di lingkungan luar keluarga (seperti masyarakat).  Etika dibentuk sejak manusia terlahir dan berkembang dan terbentuk pertama kali ketika dalam lingkungan keluarga sesuai agama, kebiasaan serta adat istiadat yang biasa keluarga lakukan. Dengan adanya etika dalam kehidupan sehari – hari sangat mempengaruhi seseorang dalam menjalani kehidupannya seperti bagaimana seeorang bisa membedakan perbuatan benar atau salah terhadap orang lain ataupun keluarga.

 

Seiring berjalannya waktu etika perlahan mulai menghilang.

Seperti kita lihat dalam kehidupan sehari – hari banyak orang yang melanggar atau salah dalam bersikap atau berperilaku terhadap manusia lainnya. Sikap sopan santun terhadap yang lebih tua, cara berpakaian yang sopan seperti menggunakan pakaian terbuka di umum, saling bertegur sapa serta menebar senyum dengan teman atau siapapun itu, saling peduli antara tetangga satu dngan yang lain,ketika meminta bantuan orang lain mengucapkan “Minta Tolong” setelah dibantu orang lain mengucapkan “Terima Kasih”  dll. Kesadaran dalam bersikap yang minim di generasi saat ini. Hal ini menyebabkan terjadinya banyak pelanggaran moral dalam kehidupan sehari-hari dan sangat pentingnya etika di terapkan dalam kehidupan sehari – hri agar kita dapat membatasi diri dalam bergaul, bersikap, berperilaku serta menciptakan suasana sekitar kita yang nyaman, aman dan tentram.

Etika selain dalam kehidupan sehari-hari

bertika dalam profesi pun dianggap sangat penting karena etika seseorang dalam suatu kelompok dianggap mampu mengatur kehidupan bersama dalam kelompoknya; etika dalam berprofesi dijadikan sebagai landasan dalam bersikap atau berperilaku dan pegangan seseorang dalam proesinya tersebutserta biasanya etika tertuang secara tertulis (kode etik proesi);

 dan Seseorang yag memiliki proesi

biasanya menjadikannya sorotan bagi masyarakat ketika seseorang tersebut bersikap atau berperilaku sesuai dengan kode etik profesinga (misalnya seoorang hakim harus memberikan hukuman yang tepat bagi eseorang yang dianggap bersalah secara hukum).

Sumber : https://duniapendidikan.co.id/

You Might Also Like