Rahasia Nyanyian Ikan di Malam Hari Terungkap

Rahasia Nyanyian Ikan di Malam Hari Terungkap

Rahasia Nyanyian Ikan di Malam Hari Terungkap

IKAN jantan dari spesies Plainfin midshipman selama akhir musim semi dan panas bermigrasi dari kedalaman lepas pantai ke daerah perairan pasang surut dangkal.

Di tempat itu, mereka membangun sarang di bawah perlindungan bebatuan.

Sepanjang malam, mereka membuat senandung dengan menggetarkan kantong kemih berisi gas dalam perut mereka untuk menarik ikan betina ke sarang mereka untuk bertelur. Karena kebiasaan itu, para ilmuwan bertanya-tanya, apa yang membuat ikan-ikan itu hanya menyanyi pada malam hari?

Melalui percobaan di laboratorium diketahui, vokalisasi ikan, senan­dung frekuensi

rendah seperti peluit kabut, dikontrol jam internal yang dikendalikan cahaya dan hormon melatonin yang mengatur siklus tidur dan bangun. Satu senandung bisa berlangsung selama hampir 2 jam. Ikan-ikan jantan yang bertetangga sering bersenandung bersama dalam satu paduan suara.

Ketua peneliti Ni Feng dari Yale University mengatakan dalam penelitian itu

mereka menggunakan ikan liar yang ditempatkan dalam ruang-ruang yang cahayanya dikontrol. Dalam gelap konstan, ikan banyak yang bersenandung sesuai dengan jadwal jam internal mereka atau ritme sirkadian. Dalam terang konstan, produksi melatonin pada ikan menurun sehingga suara senandung tertekan.

 

Baca Juga :

You Might Also Like