Sistem Produksi

Table of Contents

Sistem Produksi

Konsep dari system produksi atau kaidah produksi telah diperkenalkan oleh Post pada tahun 1943. Konsep ini kemudian ditampilkan kembali dalam konteks proses bahasa alami dalam kaidah-kaidah penulisan dari Chomsky pada tahun 1957. Aturan produksi yang diusulkan adalah untuk memodelkan penyelesaian permasalahan tingkah laku manusia oleh Newell dan Simon pada tahun 1972 dan sejak itu Alan Newell menjadi salah satu pendukung utama dari teknik ini sebagai

sebuah alat yang sangat berguna untuk system pakar. Kaidah produksi menjadi acuan yang sangat sering digunakan oleh system inferensi, system berbasis kaidah dan dalam kasus penyelesaian masalah tingkah laku manusia ataupun dalam produksi sederhana.

System produksi memainkan sejumlah peran yang penting yang akan kita periksa kelebihan dan kekurangannya lebih luas dalam baagian ini yaitu :

  1. Kekuatan skema representasi pengetahuan. System produksi tidak hanya direpresentasikan dalam pengetahuan tetapi juga kegiatan. Arsitektur system produksi pada kenyataannya ekuivalen dengan bentuk umum dari mesin turing dan diidentifikasikan sebagai “Mesin Newell”.
  2. Jembatan penghubung penelitian AI dengan system pakar. System produksi memberikan suatu bahasa yang merupakan representasi dari pengetahuan pakar yang sangat alami.
  3. Model heuristic untuk perilaku manusia. Studi mengenai perilaku manusia merupakan protocol asli yang membawa Newell untuk merumuskan konsep produksi. Paradigm dari perilaku manusia menyajikan suatu fungsi heuristic yang bernilai dari pemicu penelitian lebih lanjut.

You Might Also Like