TOKOH EKONOM YANG BERPENGARUH DI INDONESIA

TOKOH EKONOM YANG BERPENGARUH DI INDONESIA

TOKOH EKONOM YANG BERPENGARUH DI INDONESIA

Mungkin anda belum banyak tahu siapa para ekonom yang perpengaruh di Indonesia , Dibawah ini adalah tokoh ekonom yang berpengaruh di Indonesia versi saya.

DR. (H.C) Drs. H. Mohammad Hatta

Biasanya Beliau dipanggil sebagai Bung Hatta, Beliau Lahir di Bukit tinggi Sumatera Barat , 12 agustus 1902.Jasa – jasa beliau sangatlah banyak sebagai Pejuang kemerdekaan, proklamator, negarawan dan wakil presiden dan sangat banyak dikenal sebagai bapak perkoperasian Indonesia.

Beliau bersekolah dipendidikan dasar melayu Fort de kock pada tahun 1913 – 1916 melanjutkan studinya ke Europeessche Lagere School (ELS) di Padang. Saat usia 13 tahun sebernarnya dia sudah masuk ke HBS setingkat SMA di Batavia tapi ibunya menginginkan beliau tinggal di Padang, akhirnya beliau meneruskan pendidikannya di MULO padang. Baru pada tahun 1919 beliau meneruskan pendidikannya di sekolah tinggi dagang Prins Hendrik School di Batavia. Pada 1921 Beliau pergi ke Rotterdam, Belanda untuk  belajar ilmu bisnis di Nederland handles school sekarang menjadi Universitas Erasmus

Pada 27 November 1956 beliau mendapat gelar Doctor Honoris causa di Universitas Gajah mada Yogyakarta dibidang ilmu hukum.

SRI SULTAN HAMENGKUBUWANA IX

Sri Sultan Hamengkubuwana IX lahir di Yoyakarta 19 april 1912 beliau adalah pemimpin kasultanan Yogyakarta dan gubernur Yogyakarta sampai tahun 1988. Beliau bersekolah di taman kanak kanak Frobel school pada tahun 1925 dan diteruskan di Hogere Burger School setingkat SMP – SMA di Semarang.

Diteruskan di Bandung pada tahun 1933 di Rijkuniversiteit Leiden, jurusan Indologie (ilmu tentang Indonesia) kemudian ekonomi

Jabatan Beliau :

  • Pernah menjabat sebagai wakil Presiden pada tahun 1973 sampai dengan tahun 1978
  • Wakil perdana menteri bidang ekonomi 11 pada tahun 1966
  • Menteri coordinator pembangunan 1966
  • Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) tahun 1959
  • Ketus siding ke 4 (Economic Commision for Asia and the Far East) dan ketua pertemuan Regional

Beliau sangat berjasa pada masa Agresi Militer ke-2 karena beliau menggunakan dana pribadinya untuk mengaji pegawai republik Indonesia.

Prof. DR. ALI WARDHANA

Beliau lahir di Solo, Jawa Tengah 6mei 1928, Beliau menjabat sebagai Menko Ekonomi Industri dan Pengawasan Pembangunan setelah Sri Sultan Hamengkubuwana IX, Dan pernah sebagai Menteri Keuangan pada tahun 1968 sampai dengan 1983 pada masa Presiden Suharto.

  1. DR. Sjahrir
  2. Sjahrir adalah Lulusan S-1 di UI dan S-2 di hardvard, Beliau lahir pada 24 februari 1945 di Kudus Jawa Tengah.

Ia kemudian mendirikan lembaga yang bernama Institute for Economic and Financial Research (ECFIN) bersama sama rekan – rekan ekonomnya. Salah satunya adalah Dr mari Elka Pangestu yang kini menjadi menteri perdangangan Republik Indonesia. Dan juga mendirikan yayasan Padi & kapas yang kegiatan utamanya adalah Penelitian, Pendidikan, dan kesehatan masyarakat.

Hingga akhir hayatnya, Sjahri aktif sebagai Konsultan dan penasihat untuk bank – bank dan perusahaan publik. Banyaknya seminar ekonomi yang dihadirinya sebagai pembicara, serta lebih dari selusin buku yang di terbitkanya, memantapkan namanya sebagai kritikus dan analisis ekonomi yang cukup dipandang di negeri ini, sejak tahun 1994 ia menjadi nara sumber di Dewan Sosial & Politik Angkatan Bersenjata Republik Indonesia.

Prof. DR. Soemitro Djojohadikoesoemo

Beliau lahir di Kebumen 29 mei 1917, beliau adalah seorang ekonom yang sangat terkenal di Indonesia, ayah dari Prabowo Subyanto adlah seorang menteri ekonom di era pemerintahan presiden Suharto.

Beliau banyak mempunyai karya – karya seperti :

  • (Belanda) Raden Mas Soemitro Djojohadikoesoemo (1943) Het volkscredietwezen in de deprpssie, Harlem  : Bohn
  • (Indonesia) Sumitro Joyohadikusumo (1947) Beberapa soal keuangan, Djakarta  : Poestaka Rakjat
  • (Indonesia) Soemitro djojohadikoesoemo (1946) Soal bank di Indonesia, Djakarta  : Poestaka Rakjat
  • (Indonesia) Soemitro djojohadikoesoemo (1952) Laporan devisen tahun 1950 dan 1951 , Djakarta : Kementerian keuangan
  • (Indonesia) Soemitro djojohadikoesoemo (1954) Pandangan tjara2 menghadapi kesukaran2 ekonomi di Indonesia, Kementerian Penerangan Republik Indonesia
  • (Indonesia) Soemitro djojohadikoesoemo (1954) Koperasi – koperasi diluar Indonesia, Djakarta  : Kementerian PP dan K
  • (Indonesia) Soemitro djojohadikoesoemo (1977) Pemanfaatan sumber daya alam dan sumber daya manusia untuk mendukung pembangunan hankamnas.

Itulah sekilas informasiyang saya berikan tetang para ekonom yang berpengaruh di Negara Indonesia, semoga bisa menjadi referensi yang bermanfaat bagi anda.

Sumber : https://dogetek.co/

You Might Also Like